Wisata Ke Pulau Penawar Rindu, Belakang Padang…


Pulau Penawar Rindu, begitulah orang-orang menjuluki pulau ini. Ntah mengapa pulau ini mendapat julukan tersebut? Dilihat dari segi sejarah, pantasnya pulau ini diberi nama pulau Lanun… :D “Opini Saya”

Belakang Padang berada di antara perairan Selat Malaka dan selat Singapura. Pulau ini masih milik daerah Batam, walaupun jaraknya yang juga dekat dengan singapura. Penduduk asli Pulau Belakang Padang adalah orang-rang Melayu yang dikenal dengan sebutan orang Selat atau orang laut. Penduduk asli tersebut sudah menempati wilayah Belakang Padang sejak zaman kerajaan Tumasik ( Singapura ) dipenghujung tahun 1300 atau awal abad ke-4. Malahan dan catatan kemungkinan lainnya Pulau Belakangpadang telah didiami orang sejak tahun 231 Masehi.

Belakangpadang dahulunya dikenal dengan pulau bajak laut karena banyak penduduk dahulu yang mendiami Belakangpadang yang kerjanya merompak kapal-kapal yang melewati perairan selat Malaka. Bener kan? pantesnya dapet julukan pulau Lanun… :D Pulau ini bahkan lebih dulu ada dari pada Batam, makanya dari beberapa buku sejarah mengatakan pulau Belakang Padang merupakan salah satu tonggak berdirinya pemerintahan di kota Batam.

Read the rest of this entry

4 Oleh-Oleh Khas Batam…


This slideshow requires JavaScript.

Batam memang tempat yang sangat cocok untuk usaha. Asalkan memiliki ide yang unik dan kreatif, pasti uang akan mengalir terus ke kantong anda. Mulai dari bisnis elektronik, travel, industri, perkapalan, dan makanan menjadi sangat trend di kota yang akan berumur 182 tahun pada tanggal 18 desember 2011 nanti.

Bisnis Makanan sepertinya menjadi paling trend belakangan ini di kota Batam. Kenapa tidak? setidaknya ada 8 tempat makan yang sukses dengan ide-idenya yang gokilzzz dan unik. Sebut saja Bakso Gunung, Bakso Kaget, Sate Asih, Kek Pisang Villa, Kek Buah Naga, Kek Durian, dan Kue Bingka Bakar. Mereka (Kek Pisang Villa, Kek Buah Naga, Kek Durian, dan Kue Bingka Bakar) bahkan diberi gelar sebagai salah satu icon Batam di luar sana. :D Keren banget kan.

Langsung aja deh kita lihat 4 macam kue dan kek icon Batam tersebut, :D inilah 4 Oleh-Oleh Khas Batam versi Batamforinfo.

Read the rest of this entry

Batamindo Industrial Park…


Batamindo Industrial Park, merupakan salah satu dari sekian banyak tempat industri di Batam. Terletak di Muka Kuning, Jl Rasamala nomor 1. Berada didekat Panbil Mall dan Simpang yang menuju Tanjung Piayu, Batu Aji, dan Batam Center, membuat tempat ini sangat strategis.

Saya memiliki beberapa info dari tempat ini, maklum sudah pernah merasakan kerja di BIP ini. :D Nah, langsung aja yuk kita lihat informasi Batamindo Industrial Park versi Batamforinfo :

Read the rest of this entry

7 Bangunan Berpotensi Yang Di Sia-Siakan Di Batam…


This slideshow requires JavaScript.

Begitu banyak tempat wisata yang menawan nan indah di batam. Banyak juga industri yang telah maju di kota yang berumur 181 tahun ini. Namun, banyak juga tempat-tempat dan gedung-gedung yang tak terawat, bahkan disia-siakan di Kota Batam ini. Ntah kenapa pemerintah ataupun pihak lain enggan memanfaatkan tempat ini, padahal bisa mendongkrak potensi kota Batam berbagai bidang.

Langsung aja deh kita lihat 7 Bangunan Berpotensi Yang Di Sia-Siakan Di Batam versi Batamforinfo :

Read the rest of this entry

Kuliner Ke Simpang Rujak…


This slideshow requires JavaScript.

Dikota Batam ini, nama jalan tidak begitu di populerkan oleh masyarakatnya. Mereka cenderung menyebutkan berdasarkan nama tempatnya seperti simpang kabil, simpang jam, simpang frengki, simpang kara, simpang stm, bahkan ada simpang rujak, mungkin karena lokasi tersebut banyak terdapat penjual rujak. Simpang rujak adalah pusat dari kuliner rujak buah terbesar di Batam. Sejarah dari lokasi ini tidak begitu jelas, namun dari beberapa sumber mengatakan bahwa tempat ini berawal dari Mas Kuncung, asal Boyolali, yang memulai di bulan Mei 1993 bersama adiknya menjual rujak dan es dawet di lokasi ini. Mas Kuncung sendiri sampe hari ini masih berdagang. Bahkan menjadi ketua Persatuan Simpang Rujak (PSR). :)

Read the rest of this entry

7 Warna Angkot Di Batam…


Salam hangat pembaca setia Batamforinfo… Kembali bersama saya yang akan membahas kembali tentang info-info yang ada di kota Industri dan Pariwisata ini.

Kalau kemaren-kemaren saya membuat postingan tentang tempat-tempat wisata yang ada di Batam, kali ini saya ingin tunjukin salah satu dari keunikan kota Batam ini. Batam memang unik, tak hanya dari sisi industri maupun wisata. Ternyata angkot di Batam juga unik loh… :D

Angkot di Batam unik karena memiliki warna yang berbeda-beda, sesuai dengan trayek yang telah ditentukan pemerintah dinas perhubungan kota Batam. Ada warna kuning, merah maroon, hijau, dsb… :D + ada sekitar 10 jurusan trayek angkot yang ada di kota Batam ini. Postingan ini sangat berguna bagi temen-temen yang dari luar Batam. Agar gak salah pilih angkot jika ingin jalan-jalan keliling Batam pakek Angkot.

Nah, saya telah mem photo-photo mobil-mobil angkot yang ada di Batam, memang melelahkan namun seru juga karena melihat angkot-angkot yang unik ini. Langsung aja deh kita liat slide show dari 7 Warna Angkot di Batam versi Batamforinfo… :)

Read the rest of this entry

Berziarah Ke Makam Raja Nong Isa…


Terlihat papan nama yang bertuliskan “Selamat Datang di Makan Keluarga NONG ISA”. Makam keluarga seorang raja yang bernama Nong Isa. Berlokasi di Nongsa Pantai yang sedang di permak habis-habisan oleh pemerintah kota Batam.

Senang melihat usaha pemerintah untuk melestarikan dan menjaga wisata pemerintah kota Batam. Makamnya telah terlihat bersih, rapi, dan kain kuningnya tampak baru. Walaupun senang tetep aja sewaktu ingin masuk rasa serem menghampiri.

Di dalam komplek makam, terdiri lebih dari + 40 makam. Semua nisan makam di ikatkan kain kuning. Warna kuning melambangkan bahwa mereka adalah keturunan dari kerajaan.

Nongsa merupakan tempat yang di ambil dari nama raja yang membuka daerah tersebut dan mempunyai kekuasan penuh atasnya, dia adalah Raja Nong Isa. Raja Isa wafat pada tahun 1831 dan seluruh wilayah adminitrasi pemerintahan atas Nongsa dan rantaunya mulai berkembang lebih maju dengan batasan-batsan yang lebih jelas dan mencakup seluruh kawasan Kepulauan Batam.

Read the rest of this entry

Melirik Salah Satu Kampung Tua, Kampung Terih…


Minggu 20 November 2011, Saya kembali berkunjung keliling Batam, kali ini tempat yang saya tuju adalah salah satu kampung tua yang ada di Batam, Kampung Terih di kelurahan Sambau.

Kampung Terih terletak di kecamatan Nongsa, kelurahan Sambau. Sebelum memasuki kampung ini kita akan terlebih dahulu melewati kuburan yang terdiri atas kuburan raja-raja yang ada di Batam dan kuburan biasa (Islam, Kristen, dan Budha). :)

 Berhadapan langsung dengan Batam Center, membuat daerah pemandangan didaerah ini sangat indah, apalagi pada malam hari. Kelap kelip lampu selalu menghisasi pemandangan kampung ini pada malam hari. :D

Penduduk yang tinggal di kampung ini umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Setiap harinya mereka melaut menjaring ikan, memasang  bubu untuk ketam/kepiting. Kawasan bakau yang ,masih terawat membuat daerah ini kaya akan ikan, kepiting, udang, kerang, dan flora laut lainnya. Sayang ada sedikit masalah dengan pemerintah pasal pelestarian daerah ini. :(

Read the rest of this entry

Pesona Nongsa Point Marina…


Sabtu 19 November 2011, dari Batu Aji saya bergerak langsung menuju Batam Center untuk menjemput teman saya Windhy Puspita Sari. Bersama 3 orang lainnya kami menuju sebuah resort yang tak asing di Batam, Nongsa Point Marina atau NPM biasa orang memanggilnya. Terletak di Kelurahan Nongsa, tepatnya di daerah wisata pantai Nongsa. Tempat ini sungguh indah dan menjadi tempat persinggahan bagi para turis.

Nongsa Point Marina Resort Batam adalah resor 5-bintang terletak di semenanjung Nongsa, timur laut Pulau Batam. Dengan 19 kilometer dari garis pantai yang menawarkan tenang, pantai gambar sempurna dengan lingkungan hijau subur dengan fasilitas marina internasional dan properti perumahan. Dibangun di sekitar teluk alam di Pulau Batam, Indonesia, itu benar-benar menjadi tujuan pantai yang unik menawarkan surga yang damai dan memanjakan untuk mereka yang mencari gaya hidup yang istimewa, dengan fasilitas berlabuh mengesankan bagi pemilik perahu.

Read the rest of this entry